Sabtu, 16 Februari 2013

BaB 6 ISBD



BAB 6.MANUSIA,KERAGAMAN,DAN KESEDERAJATAN
A. MAKNA KERAGAMAN DAN KESEDERAJATAN
1.MAKNA KERAGAMAN
Keragaman berasal dari kata ragam yang menurut KBBI artinya:1.  tingkah laku 2. macam atau jenis 3. Lagu,music,langgam 4. Warna,corak,ragi 5. Laras(tata bahasa).Sehingga keragaman berarti perihal beragam-ragam:berjenis-jenis;perihal ragam;hal jenis.
Keragaman yang dimaksud disini adalah suatu kondisi dalam masyarakat diaman terdapat perbedaan-perbedaan dalam berbagai bidang terutama suku bangsa dan ras,agama dan keyakinan,ideology,adat kesopana,serta situasi ekonomi.
2.MAKNA KESEDERAJATAN
Kesedarajatan berasal dari kata sederajat yang menurut KBBI artinya dalah sama tingkatan.Dengan demikian konteks kesedarajatan disini adalah suatu kondisi dimana dalam perbedaan dan keragaman yang ada pada manusia tetap memiliki suatu kedudukan yang sama atau satuntingkatan hirarkinya.

B. UNSUR-UNSUR KERAGAMAN DALAM MASYARAKAT INDONESIA
1.Suku bangsa dan ras
Suku bangsa yang menenmpati wilayah Indonesia dari sabang sampai meraukesangat beragam.Sedangkan perbedaan ras muncul karena adanya pengelompokan besar manusia yang memiliki ciri-ciri biologis lahiriah yang sama seperti rambut ,warna kulit,ukuran tubuh,mata,ukuran kepala dan lain sebagainya.
2.Agama dan keyakinan
Agama mengandung arti ikatan yang harus dipegang dan dipatuhi manusia.Ikatan yang dimaksud berasala dari suatu kekuatan yang lebih tinggi dari manusia sebagai kekuatan gaib yang tak dapat ditangkap dengan panca indra.
Agama sebagai keyakina memang sulit untuk diukur secara tepat dan rinci.Hal ini pula yang barangkali menyulitkan  para ahli untuk memberikan definisi yang tepat tentang agama.
Dalam praktiknya fungsi agama dalam masyarakat antara lain:
1.                   Berfungsi  edukatif
2.                   Berfungsi penyelamat
3.                   Berfungsi perdamaian
4.                   Berfungsi social control
5.                   Berfungsi sebagai penumpuk rasa solidaritas
6.                   Berfungsi trasformatif
7.                   Berfungsi kreatif
8.                   Berfungsi sublimatif
Pada dasarnya agama dan keyakinan merupakan unsur penting dalam keragaman bangsa Indonesia.
3.Ideologi dan politik
Ideology adalah istilah umum bai sebuah gagsan yang berpangaruh kuat terhadap tingkah laku dalam situasi khusus karena merupakan kaitan antara tindakan dan kepercayaan yang fundanmental.Ideologi lebih membantu memperkuat landasan moral bagi sebuah tindakan.
Keragaman bangsa Indonesia dalam ideology dan politi dilihat dari banyaknya partai politik sejak berakhirnya orde lama. Meskipun Indonesia pada dasarnya hanya mengakui satu ideology yaitu pancasila.
4.Tata karma
Tata krama adalah segala tindaka,perilaku,adat istiadat,tegur sapa,ucap dan cakap sesuai kaidah atau norma tertentu.
5.Kesenjangan ekonomi
Bagi sebagian Negara berkembang,perekonomian akan menjadi salah satu perhatian yang harus di tingkatkan.Namun umunya,masyarakat kita di golongan tingkat ekonomi menegah ke bawah.Hal ini tentu saja menjadi sebuah pemicu adanya kesenjangan yang tak dapat di hindari lagi.
6.Kesenjangan social
Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk dengan bermacam tingkat,pangkat,dan strata social yang hirarkis.Hal ini,dapat terlihat dan dirasakan dengan jelas dengan adanya penggolongan orang berdasarkan kasta.
Hal inilah yang dapat menimbulkan kesenjangan social yang tidak saja menyakitkan namun dapat juga membahayakan kerukunan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar